Kamis, 24 Mei 2012

asal usul dan sejarah candi borobudur di magelang


asal usul sejarah borobudur, Candi borobudur merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di indonesia yang terletak di borobudur, magelang, jateng. Candi borobudur didirikan sekitar tahun 800-an masehi oleh para penganut agama budha wahayana. dalam sejarah candi borobudur, terdapat berbagai teori yang menjelaskan asal usul nama candi borobudur. salah satunya menyatakan bahwa nama borobudur kemungkinan berasal dari kata sambharabhudara yang artinya 'gunung' (bhudara) dimana di lereng2nya terletak teras2. . 

Selain itu terdapat beberapa etimologi rakyat lainnya. misalkan kata borobudur berasal dari ucapan ''para budha'' yg karena pergeseran bunyi menjadi borobudur. penjelasan lain ialah bahwa nama ini berasa dari dua kata ''bara'' dan ''beduhur'' . kata bara konon berasal dari kata vihara, sementara ada pula pejelasan lain di mana bara dari bahasa sansekerta yang artinya kompleks candi atau biara dan beduhur artinya 'tinggi', atau mengingatkan dalam bahasa bali yang berarti 'di atas'. jadi maksudnya ialah sebuah biara atau asrama yg berada di tanah tinggi. 
Sejarawan J.G. de Casparis dalam disertasinya untuk mendapatkan gelar doktor pada 1950 berpendapat bahwa borobudur adalah tempat pemujaan. berdasarkan prasasti karangtengah dan kahululan, casparis memperkirakan pendiri borobudur adalah raja mataram dari wangsa syailendra bernama samaratungga, yg melakukan pembangunan sekitar 824 M.

Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, ratu pramudawardhani. pembangunan borobudur diperkirakan memakan waktu setengah abad. dalam prasasti karangtengah pula disebutkan mengenai penganugerahan tanah sima (tanah bebas pajak) oleh Cr? kahuluan (pramudawardhani) untuk melihat kam? yg disebut Bh?misambh?ra bhudh?ra dalam bahasa sansekerta yg berarti ''bukit himpunan kebajikan sepuluh tingkatan boddhisattwa'', adalah nama asli borobudur. 

Letak candi ini diatas perbukitan yg terletak di desa borobudur, mungkid, magelang atau 42 km sebelah laut kota yogyakarta. dikelilingi bukit manoreh yg membujur dari arah timur ke barat. sementara di sebelah timur terdapat gunung merapi dan merbabu, serta barat ada gunung sindoro dan gunung sumbing. 

Dibutuhkan tak kurang 2 juta balok batu andesit atau setara dengan 50.000m persegi untuk membangun candi borobudur ini. berat keseluruhan candi mencapai 3,5juta ton. borobudur memiliki 3 bagian yaitu kaki,badan,atas. bangunan kaki disebut kamadhatu, yang menceritakan tentang kesadaran yg dipenuhi dg hawa nafsu dan sifat2 kebinatangan. kemudian ruphadatu, yg bermakna sebuah tingkatan kesadaran manusia yg masih terikat hawa nafsu, materi dan bentuk. digambarkan dalam bentuk stupa induk yang kosong. hal ini hanya dapat dicapai dg keinginan dan kekosongan. . . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar